Berita

Rapat Koordinasi Satu Data Kabupaten Boven Digoel Tahun 2023

Bappeda dan Diskominfo Kabupaten Boven Digoel melaksanakan Rapat Forum Satu Data Tahun 2023 pada 5-6 September 2023 bertempat di Aula Kantor Bupati Boven Digoel. Rakor ini dibuka oleh Kepala Bappeda mewakili Bupati, beliau dalam sambutannya menekankan pada bagaimana forum satu data ini dapat mengakomodir kebutuhan-kebutuhan data sektoral di daerah. Oleh karena itu diharapkan seluruh SKPD dapat serius dan proaktif mengikuti kegiatan ini hingga hari kedua.

Dalam rakor hari pertama ini menghadirkan pemateri dari Bappeda Provinsi Papua yang diwakili oleh Kepala Seksi Data dan Analisa Pembangunan &ndash Merlina Hamadi, yang menjelaskan tentang penyelenggara farum data dan tahapan mulai dari perencanaan data sampai dengan penyebarluasan data. Kemudian pemateri dari perwakilan BPS Papua - Ikfina Chairani yang merupakan Ketua Tim Kerja Diseminasi dan PPS, yang memaparkan tentang Strategi Peningkatan Kualitas Data Statistik Sektoral, yang akan mempengaruhi kebijakan yang diambil oleh kepada daerah. sebagai contoh : untuk menurunkan angka kemiskinan, ada beberapa indikator pembentuknya seperti Pendidikan, Kesehatan, sanitasi dan rumah layak huni, dengan kita mampu memetakan masalah dan menyediakan data, kebijakan kepala daerah akan tepat sasaran. Diharapkan kedepan forum data dapat Menyusun SOP kegiatan statistik, melakukan evaluasi forum data dan perlu Menyusun rencana tindak lanjut.

Hari kedua rakor ini berfokus pada teknis penginputan data-data sektoral kedalam portal Papua Integrasi Satu Data (PAITUA), dimana setiap admin dari setiap SKPD diberikan pemahaman teknis dari pengolahan data hingga pengisian data yang memiliki keakuratan, terkini dan akuntabel.

Rapat Forum Satu Data Kabupaten Boven Digoel kali ini memiliki dampak yang langsung terasa, dimana keterisian data sektoral kabupaten yang awalnya persentasenya masih rendah, diakhir rakor telah terisi lebih dari 55 persen. Ini dikarenakan ada beberapa SKPD yang masih kesulitan dalam pengumpulan dan pengolahan data namun, Bappeda dan Diskominfo akan terus mendampingi SKPD dimaksud hingga data dapat terhimpun pada portal PAITUA.




22-09-2023
Rapat Koordinasi Bappeda Provinsi Papua bersama Mitra Pembangunan
  selengkapnya..
04-12-2019
LAUNCHING DAN PENGENALAN PERANGKAT PEMANTAUAN, EVALUASI PPRK DAN WORKSHOP PELAPORAN CAPAIAN PENURUNAN EMISI DI DAERAH
  selengkapnya..
13-11-2019
WORKSHOP GREEN BUDGET PLANNING TAGGING
  selengkapnya..
05-11-2019
Pembahasan RDTR dan Peraturan Zonasi Kawasan Perkotaan Timika
  selengkapnya..
26-10-2019
LOKAKARYA KONSULTASI PUBLIK RENCANA PERTUMBUHAN EKONOMI HIJAU PROVINSI PAPUA
  selengkapnya..